Sayang sekali melewati sehari tanpa posting. Bukan tanpa nulis, karena sebenarnya saya tetap menulis walau hanya gagasan. Nantinya gagasan atau ide akan dikembangkan.

Ide-ide yang muncul, ya, tentu saja untuk cerita. Bisa dua atau tiga ide yang saya dapat sehari.

Namun perkara mengembangkan gagasan itu perlu waktu yang lebih lama. Saya harus mempercantik dengan penokohan, alur, latar, dialog dan lainnya. Belum lagi mengetiknya.

Saya tak ingin menjadikan target menulis sebagai beban. Walaupun, konsistensi harus dijaga. Seperti misalnya ada acara yang menuntut perhatian penuh, kedatangan tamu dan sanak saudara. Itu tidak bisa kita tinggalkan sebagai makhluk hidup dan makhluk sosial.

Jadi saya mengikhlaskan waktu-waktu tersebut dan menikmatinya. Saya yakin akan ada ide, kesempatan dan hal yang lebih baik.

Tidak mudah menjadikan semua ide sebagai ‘daging’. Namun saya akan berusaha.

Hasna Wilda
Ktbm, 100217

